Ragam Teknis Bimbingan

Posted: April 30, 2011 in Pengetahuan
  1. Konseling, merupakan bantuan yang bersifat terapeutis yang diarahkan untuk mengubah sikap dan perilaku konseli. Konseli dilakukan dengan wawancara langsung. konseling ditujukan kepada individu yang normal tetapi hanya mengalami kesulitan dalam penyesuaian diri dalam pendidikan, pekerjaan dan kehidupan sosial bukan kejiwaan.
  2. Nasihat, merupakan salah satu teknik bimbingan yang dapat diberikan oleh konselor ataupun pembimbing yang berdasar masalah atau kesulitan konseli dan dan data yang berakaitan, nasihat diberikan bersifat alternatif yang penentuanya diserahkan pada klien namun klien harus mampu mempertanggungjawbkan keputusan yang diambilnya.
  3. Bimbingan Kelompok, merupakan bantuan terhadap individu yang dilaksanakan dalam situasi kelompok, bimbingan ini dapat berupa penyampaian informasi ataupun aktivitas kelompok membahas masalah-masalah pendidikan, pekerjaan, pribadi dan kehidupan sosial.
  4. Konseling Kelompok, merupakan bantuan kepada individu dalam situasi kelompok yang bersifat pencegahan, penyembuhan dan diarahkan kepada pemberian kemudahan dalam perkembangan dan pertumbuhanya.

Bimbingan Sambil Mengajar, individu akan lebih berhasil dalam belajar apabila guru/dosen menerapkan prinsip-prinsip dan memberikan bimbingan waktu mengajar, yang dilakukan oleh guru misal dengan menjelaskan tujuan dan manfaat pembelajaraan, cara belajar, metode belajar, motivasi untuk berprestasi, merencanakan masa depan, memberikan fasilitas belajar dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s